Bohemira

Let's see the world from so many color perspective

When I told you to Read…

| Catatan kecil untuk putriku

–Suatu hari jika kau baca catatan ibu ini, kau pasti akan tersenyum—

Jika ibu menyuruhmu untuk membaca,
Bukan maksudku untuk merampas waktumu dan menghilangkan hak-hakmu untuk bermain, bersepeda, bermain games, nongky (baca:nongkrong) dan melakukan hal-hal kesukaanmu. Hanya sedikit waktu yang ibu minta itu.
Bermainlah , berlari, tertawalah bersama teman dan sahabatmu…
Dan fakta bahwa kami suka halaman rumah yang tidak berpagar, agar kamu bebas bermain dan bersenang –senang bersama mereka di halaman rumah kita.
Betapa ibu tahu, suatu hari mungkin kau akan merindukan mereka.

Medina Safira (2)

Jika ibu menyuruhmu untuk membaca,
dan lebih suka membelikanmu buku daripada gadget mahal, ibu ingin kau tahu bahwa sesungguhnya ilmu pengetahuan yang bermanfaatlah yang akan mengangkat derajatmu. Bukan rumah megah atau mobil mewah yang bisa kaupamerkan pada sanak dan kolegamu, bukan dollar dan poundsterling yang ada di bank account dan e-walletmu, bukan logam mulia yang ada di brankasmu, bukan gelar panjang tanpa isi yang menghiasi namamu di Undangan pernikahan anakmu kelak, bukan posisi strategis dengan pola manajemen yang tidak strategis, bukan pula ketenaran sesaat dihiasi kecantikan palsu.Tapi lebih kepada ilmu yang kaubalut dengan passion, and get it real. Ibu tidak ingin kau menjadi ahli mencerca karena toleransi dan logikamu lumpuh akibat fanatisme buta, malas belajar dan memahami, atau menjadi ahli meratap di wall social media masalah mutasi, promosi,  putus cinta,dll. Ibu ingin kau paham bahwa hidup ini adalah pilihan dan bahwa pilihan-pilihan itu bisa dikatakan infinitif/tak terhingga. Economic, engineering, history, social science, law, pure art, music, language, whatever you love,… eat it! Percayalah, kau akan merasakan buah manis dari policy ini kelak.

Bohemira's Books

Bohemira’s Books

Jika ibu menyuruhmu untuk membaca,
Ibu ingin kau tahu di dunia ini terdapat 2.069.406.289 lelaki dalam rentang umur 15-54 tahun*.
Jadi jika suatu hari andaikan saja ada SATU lelaki yang membuatmu patah hati, jangan kauhabiskan waktu dan air matamu terlalu lama menangisinya. Yang Maha Perkasa sudah menciptakan pasangan yang lebih baik untukmu. So go outside and find him. Just like I find your father .
*World Demographics Profile 2013 (Index Mundi)

Jika ibu menyuruhmu untuk membaca,
Ibu ingin kau tahu bahwa dunia ini tidak hanya berisi hal-hal indah semacam foto-foto travelling rekan-rekanmu yang terpampang di dunia maya. Ibu ingin kau tengok barang sebentar statistik kematian bayi, tingkat buta huruf, pengidap HIV/AIDS bawaan lahir, poor sanitation, school life expectancy, refugee, angka kematian karena kelaparan, human trafficking dan berbagai hal tak mengenakkan yang dialami saudara-saudara kita di sana. Bukan, bukannya ibu ingin kau menjadi Wonder Woman atau Superhero wanita seperti di film-film yang kita tonton. Ibu hanya ingin kau bersyukur akan apa yang sudah kita miliki dan tidak tamak. Ibu juga ingin kau paham bahwa tidak semua keluarga seberuntung keluarga kita. Dan dari pemahamanmu itu, kamu bisa mengembangkan KASIH dan EMPATI, lalu memutuskan TINDAKAN YANG PERLU dan sesuai dengan kapasitasmu. Ibu tidak menuntutmu untuk harus menyekolahkan ratusan orang atau meng-influence pengambilan keputusan dalam konteks kenegaraan. Ibu hanya ingin kau lakukan yang terbaik yang menjadi wewenang dan kompetensimu sebagai citizen of the world kelak. Dan setidak-tidaknya sebuah doa adalah bagian dari kasih sayangmu yang berharga yang bisa kauberikan, agar Yang Maha Pengasih membantu perjuangan umat manusia.

Medina Safira (3)

Jika ibu menyuruhmu untuk membaca,
Ibu ingin kau tahu bahwa menyusun spesifikasi lelaki yang akan menjadi sahabat terbaikmu yang akan menghabiskan sisa hidup bersamamu kelak, jauh lebih penting daripada berkutat dengan spesifikasi mobil pertama yang ingin kaumiliki, merk tas dan sepatu yang ingin kaubeli, atau villa indah yang ingin kau akuisisi.
Lelaki yang akan menjadi mitra dan sahabat terbaik bagimu itu akan menopangmu ketika kau jatuh, menampar semangatmu ketika kau surut, berinvestasi padamu, berani menegurmu saat kau mulai bertindak sembrono, dan bersedia menempuh ribuan miles perjalanan hanya untuk sekedar melihat seyummu atau menghabiskan secangkir kopi di sore hari bersamamu. Pria seperti itu tidak bisa kita beli atau kita impor dari toko manapun.

Medina Safira (1)

Jika ibu menyuruhmu untuk membaca,
Maka ibu juga menyuruhmu untuk ingat bahwa kita sering berteriak dan berjuang keras untuk memberikan dunia yang lebih baik bagi anak-anak kita, tapi kita sering lupa untuk memberikan anak-anak yang baik bagi dunia ini. Jadi mulailah dari keluarga yang baik, guna menghasilkan anak-anak yang baik, untuk dunia yang lebih baik.

Jika ibu menyuruhmu untuk membaca,
Ibu ingin kau mengetahui betapa apa yang kita ketahui dan rasakan saat ini hanyalah SEDIKIT. Ibu ingin kau memahami bahwa langkah kakimu tidak dibatasi gerbang kompleks sebagaimana ibu melarangmu bersepeda terlalu jauh untuk saat ini. Betapa foto-foto di family album kita hanyalah pembuka dari pengalaman-pengalaman baru yang akan kauciptakan nanti. Dengan membaca, ibu ingin kau tahu betapa menakjubkannya dunia yang sudah diciptakan Yang Maha Kaya untuk kita. Jadi bacalah, lalu bentangkan sayapmu, jelajahi ciptaannya ini, temukan hal-hal dan rasakan pengalaman yang kautemukan di buku-bukumu, MAKE YOUR OWN STORY, and WRITE YOUR OWN BOOK. Terbanglah, semudah kamu mencoret-coret dan melingkari peta saat kita bermain petualangan Dora. Mengembara dan tebarlah manfaat di manapun kamu berada. Tulis dan ceritakanlah pengalamanmu itu pada ibu dan bapakmu ini. Dan kami akan menjadi pendengar dan pengagum terbesar dari kisah-kisahmu nanti.

Medina Safira's Map

Medina Safira’s Map

“Bacalah dengan menyebut nama Tuhanmu Yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah. Yang mengajar (manusia) dengan perantara kalam. Dia mengajar kepada mansia, apa yang tidak diketahuinya.” (Al- ‘Alaq: 1-4)

Truly yours,

Your mom

Photo by bohemira, talent: Medina Safira

2 comments on “When I told you to Read…

  1. Ichal
    July 16, 2014

    ah….. keren mbokdhe….
    terima kasih telah mengingatkan,,,

    Salam dari Makassar🙂

  2. bohemira
    July 22, 2014

    Ah… tengkyu mas @Ichal…kadang saya jg sering lupa.. salam balik dari Melbourne

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on February 16, 2014 by in Urbanology and tagged , , , , , , .
%d bloggers like this: