Bohemira

Let's see the world from so many color perspective

Ini Pilihanku!

Pemilu Presiden dan Wkil Presiden RI di TPS Luar Negeri sudah dilaksanakan pada tanggal 5 Juli lalu. Terlepas dari beberapa permasalahan dalam proses pemungutan suara di sebuah negara, Warga Negara Indonesia yang berada di luar negeri telah menggunakan (mungkin ada juga yang memilih untuk tidak menggunakan) hak suaranya. Namun satu yang harus digarisbawahi, mau tidak mau, suka tidak suka, nasib bangsa kita 5 tahun kedepan (plus puluhan tahun multiplier efeknya) akan ditentukan dari hasil event yang katanya “pesta demokrasi” ini. Hiruk pikuk dan gaung masa kampanye yang seolah menggema sampai gorong-gorong dan pojok-pojok warung makan khas Indonesia di Melbourne sudah selesai, digantikan detik-detik penantian hasil quick count.

 

Ada hal kecil spesial dari Pemilu di Konjen RI di Melbourne. Ada beberapa stand yang menyuguhkan makanan/minuman khas Indonesia, yang pada akhirnya membuat ruangan di otakku memanggil rasa kangen akan tahu petis Semarang, pecel Yu Tun, dan kopi tubruk Banaran. Tak ketinggalan saya jadi bisa bertemu, berkenalan, dan ngobrol dengan banyak perantau dengan berbagai profesi: pelajar, lecturer, researcher, hingga pedagang. Pun hal sekecil ini mengingatkanku akan orang-orang di kampung halamanku dan profesinya yang sedikit banyak berjasa pada masyarakat. Aku jadi teringat Lik Kuwat dan becaknya, Pak Obras dengan mesin jahit di bawah pohonnya, Pak Kumis dengan ojek bututnya yang siap mengantarku membelah kemacetan dengan tag “murah dan cepat”, dan Mbak Sum dengan pijatannya yang dijamin tidak pernah gagal mengusir pegal-linu.

Sungguh banyak hal besar maupun kecil, bagus maupun buruk,  enak maupun tidak enak yang akan selalu membuatku teringat tanah kelahiranku. Tanah yang kalau diibarakan adalah wanita di sebuah arisan, dialah yang paling molek dan kaya, namun anaknya banyak yang kudisan, compang camping, dan tidak bisa membaca. Tanah yang memiliki berjuta pekerjaan rumah yang harus segera diselesaikan di berbagai sektor: ekonomi, politik dan kedaulatan bangsa, sumber daya manusia, penegakan hukum, kepemerintahan, energi dan sumber daya alam, dll. Pekerjaan rumah tersebut menanti kedua calon pemimpin negeri.

Berbicara tentang capres/cawapres, mungkin (sebagian) pemilih saat ini sudah melek dengan apa yang menjadi  pilihannya, terlepas dari kriteria dan metode yang menjadi dasarnya. Yang tidak kalah penting adalah kita seyogyanya mengetahui visi dan misi yang diusung kedua calon, yang setidak-tidaknya kedepan bisa dijadikan modal “pengingat” bagi pemenang pemilu in case mereka lupa di masa yang akan datang. Jadi visi-misi itu tidak sekedar menjadi “bahan jualan” penjaring suara, tapi menjadi kerangka kerja mereka yang harus kita dukung jika mereka terpilih. 5 Juli 2014, yang jelas punyaku sudah lubang (baca:kertas suaraku sudah kucoblos). Siapapun pasangan yang dipilih rakyat nanti, semoga anak-anak Indonesia termasuk anak-anak Lik Kuwat dan Mbak Sum bisa menikmati belajar di perguruan tinggi, usaha kecil  termasuk usaha Pak Obras bisa bertahan dan berkembang menjadi besar, dan kita tidak lagi menjadi negara net eksportir unskilled labor.  Dan….,siapa tahu warung kopi tubruk langgananku di pinggiran jalan itu kelak menggurita menjadi Star Bruk… who knows?

 

Reminder:

Ingatkah kita, Indonesia tidak ada matinya. Negeri ini sudah menghadapi ratusan tahun penjajahan, bangkit dari keterpurukan dan inflasi hebat pasca tumbangnya orde lama, bertahan saat dunia menghadapi krisis keuangan, dan tetap menggeliat saat pertumbuhan ekonomi dunia melemah. Kita tetap utuh, tidak ter-Balkan-isasi menjadi seperti negeri-negeri mikro di Eropa Timur. So, ini pilihanku! Apa pilihanmu?

>>> Visi-Misi Prabowo-Hatta

>>> Visi-Misi Jokowi-JK

 

ini pilihanku!

Petis pilihanku!

 

PS: kali ini tidak sempat berofot-foto karena terlalu lapar mata, sibuk mencari tahu petis dan rawon di Konjen RI.

 

8/07/2014,

Salam tahu petis from Melbourne!

 

 

_Ira Febriana_

2 comments on “Ini Pilihanku!

  1. Okti D.
    July 11, 2014

    petis!

  2. bohemira
    July 22, 2014

    Uraplah htiku dengan petis ..🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on July 8, 2014 by in Urbanology and tagged , , , .
%d bloggers like this: